Wednesday, July 27, 2016

Tips/Cara Mencegah Pemerkosaan Terhadap Anak Anda

Pemerkosaan saat ini telah menjadi isu yang sedang hangatnya diperbincangkan. Bukan karena hal baru, tetapi karena isu yang diberitakan sedang mengangkat topik yang begitu miris sehingga siapa pun yang melihat, hatinya akan terbawa suasana. Ya, apalagi kalau bukan isu pemerkosaan yang korbannya adalah anak dibawah umur. Yang lebih mirisnya lagi, bahkan anak perempuan korban pemerkosaan yang tidak mengerti apa-apa justru ada yang dibunuh begitu saja.


Melihat berita seperti ini, beberapa orang tua khususnya yang memiliki anak perempuan akan terpengaruhi suasana hatinya dan kadang ada yang sampai membayangkan bagaimana kalau anaknya yang jadi korban. Tentu ini adalah buruk dan Anda sudah pasti tidak ingin hal demikian terjadi bukan!

Oleh sebab itu istilah 'mencegah lebih baik daripada mengobati' akan berlaku disini. Ya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah terjadinya pemerkosaan terhadap anak Anda, anak kerabat atau sebagainya. Beberapa cara itu bisa disimak melalui uraian berikut ini.

1. Hindari Pakaian Yang Terbuka
Pakaian terbuka seperti rok mini dan pakaian terbuka lainnya merupakan salah satu pemicu terjadinya pemerkosaan. Hal ini tidak hanya berlaku pada wanita dewasa tetapi juga anak-anak perempuan dibawah umur sekalipun. Meskipun terkesan sepele, tapi ingat saja apa akibatnya nanti. Sebagai langkah pencegahan, berikan anak-anak perempuan Anda dengan pakaian yang menutup aurat dan syar'i. Dengan begitu, anak-anak Anda tidak hanya terhindar dari pemerkosaan tapi juga dapat belajar mengenai pentingnya menutup aurat dalam agama Islam. Ingat ini merupakan cara mencegah yang secara langsung mengajari anak Anda dengan hal baik.

2. Jangan Biarkan Anak Jauh dari Jangkauan
Membiarkan anak bermain jauh-jauh bukanlah hal baik, apalagi kalau anak itu bermain sendirian. Tentunya Anda tidak ingin hal-hal buruk seperti pelec3han, pemerkosaan, pembunuhan, penculikan dan sebagainya terjadi bukan. Nah, untuk mencegah hal itu ada baiknya untuk tidak membiarkan anak-anak terlalu jauh ketika bermain diluar rumah hingga Anda sendiri pun akan sulit mengontrol dan mengawasinya. Adapun jika anak Anda sekolah ditempat yang jauh dan terkesan sunyi, bila perlu, sebaiknya Anda sebagai orang tua, abangnya atau kerabat yang bisa dipercaya untuk menjemputnya.

3. Tidak Membiarkan Anak Bermain di Tempat Sunyi
Jangan membiarkan Anak bermain ditempat-tempat sunyi, karena itu akan merupakan tempat strategis yang sering menjadi incaran pemerkosa untuk melancarkan aksinya. Jadi, sebaiknya hindari anak-anak untuk bermain ditempat seperti itu, lebih-lebih tanpa pengawasan orang tua yang ketat. Tempat yang sekiranya aman ada dirumah sendiri dan itu pun harus ada yang mengawasi. Ingat, jangan terlalu untuk mengekang anak, tapi cukup dengan memberikan tempat aman yang disertai pengawasan penuh.

4. Jangan Biarkan Anak Bermain dengan Lawan Jenis
Berteman dengan lawan jenis sepertinya bukanlah hal buruk, tetapi sebaiknya pahami dulu akibatnya. Anak yang bermain dengan teman lawan jenis tentu akan memberikan pengaruh. Seperti misalnya, apabila seorang anak perempuan bermain dengan dua atau sepuluh atau lebih anak laki-laki, maka bisa saja ada hal-hal buruk yang terjadi. Seperti misalnya dikucilkan, pelecehan, kekerasan, terikut (jadi bandel, kasar, tomboi) dan sebagainya. Sebaliknya, apabila seorang anak laki-laki bermain dengan pria kebanyakan maka bisa saja hal-hal buruk yang sama terjadi diatas, hanya saja pada bagian 'terikut' jadi (gemulai, cengeng, benc0ng).

Demikian artikel mengenai tips dan cara mencegah pemerkosaan terhadap anak. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi Anda semua.


EmoticonEmoticon