Saturday, May 28, 2016

Ini Alasan Mengapa Isu Pemerkosaan Jadi Trending Topik

Tidak dimungkiri kalau isu pemerkosaan sekarang ini telah menjadi topik hangat yang selalu diperbincangkan. Hal ini memang tidak mengherankan apalagi mengingat kasusnya yang berat dan bikin geram. Namun demikian tetap saja pemerkosaan tidak seperti tanaman yang mengenal musim untuk berbuah.


Kasus pemerkosaan memang tidak pernah mengenal musim, tetapi ia bisa muncul kapan saja dan di mana saja tergantung situasi dan keadaan. Selain itu, adanya kesempatan dalam kesempitan juga menjadi faktor utama penyebab maraknya terjadi pemerkosaan terhadap kaum wanita.

Nah, jika pemerkosaan tidak pernah mengenal musim, lalu bagaimana dengan yang terjadi sekarang ini. Kenapa sekarang ini banyak pemberitaan yang selalu membahas pemerkosaan sehingga seolah-olah saat ini adalah musimnya pemerkosaan. Inilah alasannya.

1. Kasusnya disertai Pembunuhan
Ibarat "habis manis sepah dibuang", seperti itulah kasus pemerkosaan yang terjadi sekarang ini. Siapa pun yang akan mendengarnya termasuk orang tua yang memiliki anak perempuan tentu akan merasa geram dengan hal demikian. Oleh karenanya, akan semakin banyak orang yang jadi penasaran mengenai bagaimana peristiwa pemerkosaan yang diberitakan itu bisa terjadi, siapa korbannya dan beberapa pertanyan lainnya.

Karena bikin penasaran, maka secara tak langsung mereka bakal melihat berita itu di media. Pada akhirnya, media akan menganggap bahwa isu pemerkosaan adalah berita penting dan karenanya mereka akan terus bekerja lebih keras untuk fokus mencari isu terkait pemerkosaan. Dengan demikian, enggak heran kalau hampir di semua media isu pemerkosaan selalu saja muncul.

2. Korbannya Anak dibawah Umur
Tidak seperti kasus yang dulu-dulu, dimana korban pemerkosaan lazimnya adalah wanita dewasa. Berbeda dengan yang baru-baru ini, yang dimana korban kasus pemerkosaan yang sering diberitakan adalah anak dibawah umur. Entah mengapa mereka memilih anak dibawah umur sebagai pelampiasannya tapi inilah kenyataan yang terjadi. Karena korbannya anak dibawah umur, banyak orang merasa penasaran mengapa para pemerkosa bisa tega melakukan hal sekeji itu. Dan oleh sebab itulah, tak heran kalau banyak orang bakal mengecam, marah, geram dan terpancing emosinya karena tindakan keji tersebut. Dan karena itu media akan menganggap bahwa isu ini penting.

3. Pelakunya ada Banyak dan ada yang dibawah Umur
Jika tindakan pemerkosaan dulunya dilakukan secara tunggal, tapi tidak dengan yang baru-baru ini terjadi. Sekarang ini kasus pemerkosaan malah didalangi oleh banyak pelaku dan yang bikin miris adalah ada diantaranya yang masih dibawah umur. Aneh memang, masih kecil sudah mengerti hal demikian. Tapi mau gimana lagi, inilah yang terjadi. Mungkin saja, hal ini disebabkan oleh adanya berbagai faktor yang membuat anak dibawah umur terpancing untuk melakukan tindak pemerkosaan.

Itulah beberapa alasan mengapa isu pemerkosaan selalu saja jadi topik trending di media. Dengan adanya informasi ini, sekiranya dapat diambil hikmah bahwa tindakan pemerkosaan adalah hal keji yang harus dijauhkan-jauhkan supaya terhindar dari hal-hal maksiat.


EmoticonEmoticon