Thursday, May 26, 2016

Hal Yang Mengganggu Konsentrasi Berpikir Anda

Berpikir adalah kemampuan manusia dalam mengingat, menimbang atau memutuskan suatu hal. Misalnya ketika duduk dibangku sekolah, seorang murid selalu dituntut untuk berpikir ketika berlangsungnya kegiatan belajar, baik dalam mendengarkan guru, membaca buku, ataupun mengerjakan soal.


Berpikir tak hanya sebatas itu saja, lebih dari itu, berpikir juga mencakup hal-hal apa saja yang Anda lakukan setiap hari meskipun Anda sendiri tak sadar telah melakukannya. Contoh kecilnya, ketika Anda hendak mengingat sesuatu yang pernah terjadi.

Apabila dilihat dari semua itu, berpikir memang merupakan hal penting yang selalu kita lakukan. Jadi, ketika proses berpikir terganggu, akibatnya kita akan merasa kesulitan dalam melakukan pekerjaan seperti menulis, belajar dan sebagainya. Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa kita selalu merasa sulit dalam berpikir. Beberapa hal itu adalah berikut ini.

1. Kebelet BAB (Buang Air Besar) BAK (Buang Air Kecil)
BAB dan BAK adalah kondisi yang wajib dilakukan manusia dalam rentang waktu tertentu guna membuang kotoran tubuh. Jika hal ini tidak segera dilakukan alias ditahan-tahan, akibatnya tentu saja konsentrasi pikiran yang tadinya fokus kini jadi buyar. Ini tidak hanya akan mengganggu pikiran tetapi juga kesehatan apalagi kalau kerap ditahan-tahan. Salah satu penyakit terkenal yang timbul akibat menahan-nahan BAK adalah batu ginjal.

2. Kondisi sedang Sakit
Sakit adalah kondisi di mana tubuh tidak berasa nyaman pada bagian tubuh atau bahkan keseluruhannya. Jika kondisi ini datang dan menghinggapi seseorang, maka akibatnya akan membuat tubuhnya menjadi terganggu termasuk juga fokus pikirannya. Salah satu penyakit yang paling lazim dan sering membuat konsentrasi berpikir jadi buyar adalah sakit perut (maag). Penyakit langganan ini memang tidak diragukan sebagai perusak konsentrasi bagi karyawan-karyawan kantor.

3. Muncul Rasa Lapar
Lapar merupakan keadaan ketika perut sedang kosong. Ketika waktunya mulai datang, lapar bisa mengalihkan pikiran dari pekerjaan tengah ia lakukan. Ini akan membuat pikiran menjadi terus-menerus memikirkan tentang makanan, alhasil aktivitas yang saat itu sedang dilakukan menjadi terganggu dan susah untuk dikerjakan.

Jika kondisi tubuh sedang lapar, memang segala macam aktivitas bakal terasa sulit dilakukan terutama belajar. Belajar membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan bila rasa lapar muncul konsentrasi ini pun buyar.

4. Meningkatnya Gairah
Meningkatnya gairah s3ks seseorang tidak dimungkiri lagi dapat mengganggu konsentrasi pikiran. Ia bisa datang secara tiba-tiba kapan pun dan dimana pun tanpa diketahui secara pasti. Namun begitu, yang jelas ia bisa muncul apabila ada hal-hal khusus yang memancingnya.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan konsentrasi pikiran menjadi rusak. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat menambah wawasan terutama dalam mengetahui apa-apa saja yang merusak konsentrasi pikiran.


EmoticonEmoticon